Cara Menjadi Pemenang

Jika diminta untuk menggambarkan sosok pemenang,orang yang sempurna dan sehat, kita mungkin mengatakan sesuatu tentang orang yang percaya diri, hangat, baik, stabil, memberi dan seterusnya.Dan kita bisa saja benar, di satu sisi.Namun, dibutuhkan lebih untuk menjadi pemenang dibandingkan sekadar memiliki serangkaian atribut mengagumkan.Menjadi pemenang pada akhirnya adalah mengenai satu hal: nilai kita.

Pemenang itu  berharga.Namun sebenarnya,menjadi pemenang,dalam pengertian kata paling murni,tidak ada hubungannya dengan kinerja kita,penghasilan kita atau kemungkinan pendapatan kita.Menjadi pemenang berhubungan dengan nilai kita dan apakah kita telah atau belum memilikinya.Saat kita merangkul nilai pribadi kita sendiri,saat kita merasa aman dengan diri kita,kita telah menjadi pemenang.

Berikut beberapa cara melakukannya:

Sadari nilai kita

Dalam kehidupan,kita sering kali jatuh,kusut,dan hancur lebur karena keputusan yang kita buat atau situasi yang terjadi pada kiri kita.Kita mungkin merasa tidak berharga,tidak berarti di mata kita sendiri dan orang lain.Akan tetapi,terlepas dari masalah yang sudah atau akan terjadi,kita tidak pernah kehilangan nilai kita sebagai manusia.Tak ada yang bisa mengambilnya.Jangan lupakan itu.

Terima nilai kita

Mungkin kita sudah mengenali dan menerima nilai kita.Mungkin kita juga menyadari betul,di lubuk hati terdalam,bahwa kita disayangi Tuhan dan merupakan ciptaan yang nilainya tak terhingga.Selamat ! Langkah selanjutnya adalah meningkatkan nilai kita bagi orang lain dengan memecahkan sebanyak mungkin masalah yang kita miliki semampu kita.Dengan kata lain,kita perlu memaksimalkan siapa kita dengan mengatasi atau memperbaiki segala sesuatu yang bisa diubah dalam batas kemampuan kita.

Misalnya,kita mungkin berjuang dengan temperamen tinggi.Mungkin kita mengalami kesulitan menetapkan batasan atau mengemban tanggung jawab.Mungkin kita mempunyai kebiasaan buruk ,atau barangkali sikap kita perlu dikaji ulang.Kita semua mempunyai rintangan yang bisa kita atasai.Setiap dari kita dapat meningkatkan diri kapan saja kita ,memutuskan untuk melakukannya.

Banyak orang dibatasi oleh kekangan kondisi sebelumnya.Sebagian orang menentukan batasan yang tidak perlu pada kemajuan pribadinya.Jangan biarkan hal ini terjadi pada kita.Jangan menerima pengekangan tak masuk akal pada kemampuan kita.Tantang kekangan itu dan terus tumbuh.

Percayai nilai kita

Begitu kita mengenali,menerima,dan meningkatkan nilai kita,kita pada akhirnya harus mempercayainya.Kita harus mempercayainya dengan keyakinan sedemikan rupa sehingga bersedia untuk mengandalkannya dengan kepercayaan penuh.

Jika kita tidak percaya bahwa kita memiliki sesuatu yang bernilai luar biasa untuk ditawarkan kepada orang lain-yaitu diri kita sendiri-kita tidak akan pernah sungguh-sungguh menang bersama orang lain.Selama kita mengenali,menerima,meningkatkan,dan mempercayai aset berharga ini dengan keyakinan mendalam,cara-cara untukmenang bersama orang lain bisa menjadi bagian dari karakter kita.Saat muncul dari hati,cara-cara itu bekerja seperti mantra.

Setiap orang memiliki nilai dan sesuatu yang bernilai untuk ditawarkan ke orang lain.Lupakan apapun yang membuat kita merasa tidak aman.Dan tanyakan bagaimana kita dapat meningkatkan nilai kita supaya menguntungkan orang lain,bukan hanya diri sendiri.Serta urutkan hal-hal yang bisa kita tingkatkan dari diri kita (kebiasaan buruk yang ingin dihilangkan,dan sebagainya),beserta langkah spesifik yang perlu diambil untuk melakukan peningkatan.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s