TBC Lebih Berisiko Terkena Kanker Paru-paru

Menurut penelitian baru oleh sekelompok ilmuwan Taiwan, penderita Tuberculosis (TBC) ternyata memiliki kecenderungan 11 kali lebih besar menderita kanker paru-paru. Lebih dari 700.000 orang yang terpilih secara acak selama enam tahun dan telah di teliti oleh para ilmuwan, termasuk 4.480 orang terdiagnosis dengan penyakit TBC, menurut pernyataan mereka Rabu.

“Terbentuknya kanker paru-paru pada pasien TBC terhitung 11 kali lebih tinggi dibanding orang tanpa TBC,” ujar salah satu peneliti Chen Chih-yi dari Universitas Kedokteran China di pusat kota Taichung, Taiwan.
“Penelitian ini membuktikan pentingnya perhatian terhadap pencegahan kanker paru-paru melalui kampanye terhadap TBC,” lanjutnya.

Penemuan tersebut, diterbitkan dalam “Journal of Thoracic Oncology” edisi Januari, mendukung keterkaitan antara TBC dengan kanker paru-paru, yang sebelumnya sudah diperkirakan tetapi belum terbukti.

“TBC merupakan penyakit kronis paling umum di dunia. Orang di negara berkembang dan kurang maju paling terkena dampak penyakit tersebut,” kata Chen. “Kanker paru-paru juga umum dikenal berkaitan dengan merokok. Perhatian kurang difokuskan pada penderita TBC yang juga beresiko tinggi terkena kanker paru-paru,” ujarnya.

 

sumber: antara,taipei
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s